Teknologi Dan Perubahan Sosial: Suatu "antropologi Teknologi" Mengenai Jala-Jala Listrik Pln (indonesian)

Published: 2021-06-29 07:11:13
essay essay

Category: Social Issues

Type of paper: Essay

This essay has been submitted by a student. This is not an example of the work written by our professional essay writers.

Hey! We can write a custom essay for you.

All possible types of assignments. Written by academics

GET MY ESSAY
Teknologi dan Perubahan Sosial: Suatu "Antropologi Teknologi" Mengenai Jala-Jala Listrik PLN

Sugeng Prakoso Syahrie
Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Jakarta





Abstrak

Artikel ini mendiskusikan perihal masuknya teknologi listrik ke suatu masyarakat perdesaan yang berimplikasi pada munculnya perubahan sosial dalam tatanan kehidupan masyarakat setempat. Kasus yang dipaparkan secara etnografis ini kemudian ditinjau melalui perspektif studi science, technology, and society, khususnya perspektif actor network theory. Dengan perspektif itu, penulis artikel ini mempostulasikan bahwa perubahan sosial yang muncul dalam kasus ini adalah suatu "efek sosioteknis" sehingga tidak memadai bila dijelaskan semata-mata sebagai akibat dari introduksi teknologi baru (jala-jala listrik PLN). Perubahan itu harus dijelaskan dengan menelusuri terbentuknya jejaring (network) baru dalam masyarakat setempat, suatu jejaring heterogen yang mencakup baik elemen teknologi (entitas non-manusia), maupun elemen sosial dan kultural.


1. Pendahuluan

Bagi kebanyakan kita--apalagi yang hidup di perkotaan--listrik merupakan kebutuhan mendasar untuk menunjang kehidupan sehari-hari, seperti untuk penerangan, memasak, memompa air, hingga mencari hiburan dari radio atau televisi. Lebih dari itu, hampir semua akses informasi dan komunikasi saat ini pun membutuhkan bantuan energi listrik. Akibatnya, muncul ketergantungan terhadap energi listrik ini.
Tidak sebagaimana di kawasan perkotaan yang hampir setiap rumah pasti punya listrik, banyak wilayah perdesaan di Indonesia yang tidak dapat menikmati listrik. Ini disebabkan oleh letak dan faktor geologis pedesaan yang sulit dijangkau oleh jaringan listrik yang pembangkitnya berada jauh dari perdesaan. Kondisi itu memberi kita kesempatan untuk mengamati proses perubahan sosial di perdesaan berkaitan dengan kehadiran jaringan (jala-jala) listrik. Apakah juga terjadi efek ketergantungan sebagaimana di perkotaan, atau justru memunculkan fenomena lain yang menarik untuk dikaji dari perspektif--katakanlah--"antropologi teknologi".

Paparan berikut bercerita soal masuknya teknologi listrik ke perdesaan yang saya cuplik dari pengalaman pribadi saya (masa kanak dan remaja) pada dasawarasa 1980-an di sebuah desa di pinggiran Banyumas, sebuah kabupaten yang terletak di barat daya Provinsi Jawa Tengah. Paparan yang bersifat etnografis itu kemudian ditinjau melalui perspektif studi science, technology, and society (STS), khususnya perspektif actor network theory (ANT). Dengan perspektif itu, perubahan sosial yang muncul dalam kasus ini tidak dijelaskan semata-mata sebagai akibat dari introduksi teknologi, melainkan dari terbentuknya jejaring (network) baru dalam masyarakat setempat, yang mencakup baik elemen teknologi (baru), maupun elemen sosial dan kultural. Jejaring yang terbentuk secara heterogen itulah yang dipostulasikan dalam artikel ini sebagai penopang tampilnya teknologi (jala-jala listrik) sebagai aktor dalam pembentukan tatanan sosial baru di desa setempat.

2. Dari Lampu Teplok ke Generator

Lampu teplok dan petromak yang menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakarnya adalah alat penerangan utama masyarakat desa itu. Petromak biasanya hanya dimiliki oleh orang berpunya yang biasanya adalah pegawai negeri sipil (PNS)--sebagian besar adalah guru di sekolah-sekolah desa--atau keturunan pendiri desa yang menguasai banyak lahan persawahan dan pekarangan. Sedangkan lampu teplok lazimnya menyala di rumah-rumah penduduk yang hidup sebagai petani penggarap. Hanya ada sangat sedikit profesi di luar PNS atau pemilik lahan serta petani penggarap.

Warning! This essay is not original. Get 100% unique essay within 45 seconds!

GET UNIQUE ESSAY

We can write your paper just for 11.99$

i want to copy...

This essay has been submitted by a student and contain not unique content

People also read